20
Apr
10

JIKA ANDA TIDAK HANYA MEMIKIRKAN DIRI SENDIRI

(Filipi 2:3-7)

dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri; dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga. Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.

Mustahil menjadi mungkin jika Anda tidak hanya memikirkan diri sendiri. Tidak ada yang lebih buruk daripada seorang yang berpusat pada diri sendiri. Orang yang menganggap diri sukses karena usaha sendiri dan mengukur diri dengan  ukuran yang dibuat sendiri. Satu-satunya kesombongan mengangkat Anda adalah untuk menjatuhkan Anda.

Egoisme merupakan satu-satunya penyakit yang menjadikan pengidapnya merasa paling sehat sementara membuat orang disekelilingnya merasa sakit. Egoisme berkembang biak tapi tidak berbuah. Jangan kehilangan rencana Tuhan dengan mementingkan diri sendiri.

Adalah baik untuk percaya diri, namun jangan terlalu mudah merasa yakin. Seorang yang angkuh adalah sahabat baik dirinya sendiri. Orang yang sangat mencintai dirinya sendiri harus segera bercerai dengan dirinya.

Orang yang sombong tidak pernah pergi kemana-mana karena ia pikir ia sudah ada disana. Ubahlah kata favorit Anda dari “Aku” menjadi “Anda”.

Anda akan selalu mendapatkan segala sesuatu yang Anda inginkan di dalam hidup ini apabila Anda mau membantu orang lain mendapatkan apa yang mereka inginkan. Kerjakanlah sesuatu untuk seseorang yang tidak mempunyai kemampuan atau sumber daya untuk membalas.

Kepemimpinan sejati selalu dimulai  dengan sikap mau melayani, sementara keegoisan selalu berakhir dengan kerusakan terhadap diri sendiri. Ketika seseorang terbungkus dalam dirinya sendiri, ia hanya menjadi sesuatu yang sangat kecil. Orang tidak percaya pada apapun selain kepada dirinya sendiri sebenarnya hidup di dalam dunia yang sangat kecil.

Kenyataannya adalah selalu lebih banyak yang dicapai jika tak seorangpun peduli siapa yang mendapat penghargaan. Tak seorangpun benar-benar sukses  di dalam hidup sebelum ia belajar bagaimana melayani.  Selamat melayani …


2 Responses to “JIKA ANDA TIDAK HANYA MEMIKIRKAN DIRI SENDIRI”


  1. 1 sammy h. pongoh
    May 30, 2013 at 3:19 am

    Shalom Pastor George, menarik sekali renungan-renungannya dan menjadi berkat. sekaligus mohon izin juga utk saya bagikan kepada jemaat di GBIPoles, terima kasih sebelumnya (pa sem)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: