16
Mar
10

PERINTAH KASIH

Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.

(Yohanes 13:34)

Dalam PERJANJIAN LAMA. Kasih dalam terjemahan Ibrani: “ahev”, amat luas pemakaiannya dan merupakan kata umum dengan beragam makna sesuai kadarnya. Kata Ibrani lainya adalah: “dod”, “ra’ya”, “yadad” (Mazmur 127:7), “khasyaq” (Mazmur 91:14), “khavav” (Ulangan 33;3), “agav” (Yeremia 4:30), dan “rakham” (Mazmur 18:1). Amat luas pemakaiannya dan beragam makna sesuai kadarnya. Kasih dalam PL  untuk penggunaan yang ilahi maupun insani, adalah ungkapan yang dalam dari kepribadian sekaligus hubungan. Gambaran dari sebuah dorongan  untuk menimbulkan suatu tindakan yang mendatangkan kegembiraan, atau dorongan untuk melakukan pengorbanan diri untuk kebaikan orang yang dikasihi. Dalam PERJANJIAN BARU. Kata paling umum yang digunakan dalam PB adalah “agape”, yang berarti kasih yang paling tinggi dan mulia, dan memiliki nilai tak terbalas oleh obyeknya, oleh karena itu Petrus ragu menggunakannya (Yohanes 21:15-17). Adapaun kata gantinya adalah “fileo”, kata ini digunakan untuk menggambarkan kasih yang akrab (Yohanes 11:3, 36 ; Wahyu 3:19) dan kesukaan melakukan hal-hal yang menggembirakan (Matius 6:5).

KASIH adalah alasan MANUSIA DICIPTAKAN. KASIH adalah awal dimulainya KeKRISTENan. Keristenan tidak dimulai dalam sebuah lembaga. Keristenan dimulai dari gerakan kasih Allah terhadap umatNYA. Kekristenan dimulai dari Allah yang digerakkan oleh kasih untuk mencari umatNYA.

PERINTAH KASIH HANYA DAPAT DILAKUKAN BILA:

1_MENGALAMI PENGAMPUNAN TUHAN (Lukas 7:36-50)

Kalau ada perasaan yang mendorong seseorang mengasihi Tuhan lebih dari segalanya adalah karena ia telah menerima pengampunan penuh atas dosa-dosanya. Mereka yang meneerima pengampunan penuh, tercatat dalam alkitab sebagai pribadi biasa yang melakukan hal-hal yang luar biasa. Tanpa menerima kasih Allah, kita hanya akan memiliki semangat palsu yang menunggu waktu untuk padam.

2_DIGERAKKAN OLEH KEINGINAN MEMBALAS KASIH TUHAN (1Petrus 2:1-3)

Bertumbuh dan melayani tidak akan menjadi beban bila menjadi akibat dari membalas kasih Tuhan. Jadikan keharusan bertumbu dan berbuah sebagai ucapan syukur yang “Bergerak”.

3_HIDUP DALAM KASIH MULA – MULA (Wahyu 2:4-5 ; 2Korintus 7:10-11)

Kasih mula-mula adalah perasaan cinta yang tumbuh pertama kali saat kita menerima pengampunan Tuhan dan dikasihi tanpa syarat oleh Tuhan. Perasaan itu disebut dengan PERTOBATAN.

Kasih mula-mula memampukan orang percaya untuk melakukan apa saja untuk menyenangkan hati Tuhan. Saat kasih mula-mula pudar, maka “memberi yang terbaik” dalam hidup ini akan menjadi perngorbanan yang tidak tulus.


0 Responses to “PERINTAH KASIH”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: