02
Mar
10

KETIKA HAL BURUK TERJADI PADA ORANG PERCAYA

Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia. Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: “Pencobaan ini datang dari Allah!” Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun. Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut. Saudara-saudara yang kukasihi, janganlah sesat! Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran. Atas kehendak-Nya sendiri Ia telah menjadikan kita oleh firman kebenaran, supaya kita pada tingkat yang tertentu menjadi anak sulung di antara semua ciptaan-Nya.   (Yakobus 1:12-18)

Kalau Allah itu baik, kenapa DIA menciptakan dunia yang demikian buruk saat ini. Mengapa hal-hal buruk terjadi dalam hidup orang percaya.

Mengapa justru mereka yang melayani Tuhan harus mengalami “Keguguran”, “Kecelakaan”, “Cacat”, “Kemiskinan”,”Kanker”. Jatuhnya pesawat yg berisi beberapa keluarga hamba Tuhan. Anak kecil yang tertabrak motor sepulang dari sekolah minggu. Pengusaha yang takut akan Tuhan justru kelihatannya lebih banyak masalah. Pasangan yang takut akan Tuhan, 8tahun menikah belum punya anak. Anak Tuhan yang hamil tapi ternyata hanya berisi kantung kosong

Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanya itu;   (Mazmur 34:19)

1_ALLAH SEDANG MEMBUKTIKAN BAHWA ANDA YANG TERBAIK

1  Ada seorang laki-laki di tanah Us bernama Ayub; orang itu saleh dan jujur; ia takut akan Allah dan menjauhi kejahatan.  2  Ia mendapat tujuh anak laki-laki dan tiga anak perempuan. 3  Ia memiliki tujuh ribu ekor kambing domba, tiga ribu ekor unta, lima ratus pasang lembu, lima ratus keledai betina dan budak-budak dalam jumlah yang sangat besar, sehingga orang itu adalah yang terkaya dari semua orang di sebelah timur. 4  Anak-anaknya yang lelaki biasa mengadakan pesta di rumah mereka masing-masing menurut giliran dan ketiga saudara perempuan mereka diundang untuk makan dan minum bersama-sama mereka. 5  Setiap kali, apabila hari-hari pesta telah berlalu, Ayub memanggil mereka, dan menguduskan mereka; keesokan harinya, pagi-pagi, bangunlah Ayub, lalu mempersembahkan korban bakaran sebanyak jumlah mereka sekalian, sebab pikirnya: “Mungkin anak-anakku sudah berbuat dosa dan telah mengutuki Allah di dalam hati.” Demikianlah dilakukan Ayub senantiasa. 6  Pada suatu hari datanglah anak-anak Allah menghadap TUHAN dan di antara mereka datanglah juga Iblis. 7  Maka bertanyalah TUHAN kepada Iblis: “Dari mana engkau?” Lalu jawab Iblis kepada TUHAN: “Dari perjalanan mengelilingi dan menjelajah bumi.” 8  Lalu bertanyalah TUHAN kepada Iblis: “Apakah engkau memperhatikan hamba-Ku Ayub? Sebab tiada seorangpun di bumi seperti dia, yang demikian saleh dan jujur, yang takut akan Allah dan menjauhi kejahatan.”   (Ayub1:1-8)

  • Tuhan ciptakan segala sesuatunya “Baik”
  • Sesuatu yang baik perlu pembuktian – melalui sebuah proses
  • Tuhan ingin membuktikan, bahwa Anda yg terbaik utk kehidupan Anda

2_ALLAH BERTANGGUNG JAWAB PENUH ATAS UMATNYA

9  Lalu jawab Iblis kepada TUHAN: “Apakah dengan tidak mendapat apa-apa Ayub takut akan Allah? 10  Bukankah Engkau yang membuat pagar sekeliling dia dan rumahnya serta segala yang dimilikinya? Apa yang dikerjakannya telah Kauberkati dan apa yang dimilikinya makin bertambah di negeri itu. 11  Tetapi ulurkanlah tangan-Mu dan jamahlah segala yang dipunyainya, ia pasti mengutuki Engkau di hadapan-Mu.” 12  Maka firman TUHAN kepada Iblis: “Nah, segala yang dipunyainya ada dalam kuasamu; hanya janganlah engkau mengulurkan tanganmu terhadap dirinya.” Kemudian pergilah Iblis dari hadapan TUHAN.  (Ayub1:9-12)

3  Firman TUHAN kepada Iblis: “Apakah engkau memperhatikan hamba-Ku Ayub? Sebab tiada seorangpun di bumi seperti dia, yang demikian saleh dan jujur, yang takut akan Allah dan menjauhi kejahatan. Ia tetap tekun dalam kesalehannya, meskipun engkau telah membujuk Aku melawan dia untuk mencelakakannya tanpa alasan.” 4  Lalu jawab Iblis kepada TUHAN: “Kulit ganti kulit! Orang akan memberikan segala yang dipunyainya ganti nyawanya. 5  Tetapi ulurkanlah tangan-Mu dan jamahlah tulang dan dagingnya, ia pasti mengutuki Engkau di hadapan-Mu.” 6  Maka firman TUHAN kepada Iblis: “Nah, ia dalam kuasamu; hanya sayangkan nyawanya.” (Ayub2:3-6)

  • Tuhan menghargai kehendak bebas yg telah DIA berikan
  • Namun Tuhan memprioritaskan “Rancangan damai sejahteraNYA”
  • Dengan demikian Tuhan membatasi hal-hal buruk menyentuh kehidupan Anda
  • Dari semula Allah telah mereka-rekakan yg baik utk Anda
  • Allah menyediakan “yang baik” sejak awal – pertengahan – akhir

3_TUHAN INGIN ANDA MENGENAL & MENGALAMI DIA DGN BENAR

1  Maka jawab Ayub kepada TUHAN: 2  “Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal. 3  Firman-Mu: Siapakah dia yang menyelubungi keputusan tanpa pengetahuan? Itulah sebabnya, tanpa pengertian aku telah bercerita tentang hal-hal yang sangat ajaib bagiku dan yang tidak kuketahui. 4  Firman-Mu: Dengarlah, maka Akulah yang akan berfirman; Aku akan menanyai engkau, supaya engkau memberitahu Aku. 5  Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau. 6  Oleh sebab itu aku mencabut perkataanku dan dengan menyesal aku duduk dalam debu dan abu.” 7  Setelah TUHAN mengucapkan firman itu kepada Ayub, maka firman TUHAN kepada Elifas, orang Teman: “Murka-Ku menyala terhadap engkau dan terhadap kedua sahabatmu, karena kamu tidak berkata benar tentang Aku seperti hamba-Ku Ayub.   (Ayub42:1-7)

  • Jangan mencurigai Tuhan – Pekerjaan Tuhan sedang dinyatakan
  • Berkatalah yg benar tentang Tuhan, krn Tuhan lebih tahu apa yg sedang terjadi
  • Tidak ada yg ditambahkan tanpa dikurangkan, dan sebaliknya
  • Pembelaan Tuhan pasti datang, pemulihan  dari Tuhan pasti terjadi
  • Selesaikan perjalanan iman Anda hingga pemulihan tiba

0 Responses to “KETIKA HAL BURUK TERJADI PADA ORANG PERCAYA”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: